Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal UH Teks Prosedur Kelas 7 SMP

Soal UH Teks Prosedur Kelas 7 SMP

Soal UH Teks Prosedur Kelas 7 SMP

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar bersama dengan materi Teks Prosedur untuk  Kelas 7 SMP. Sebelum kita mulai marilah kita mengenal apa itu Teks Prosedur.
Teks Prosedur adalah teks yang berisi cara, tujuan untuk membuat atau melakukan sesuatu hal dengan langkah demi langkah secara berurutan untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Teks prosedur terdapat pada tulisan yang mengandung cara, tips atau tutorial untuk melakukan langkah tertentu. 
Dalam teks prosedur terdapat kata imperatif atau kata perintah untuk melakukan apa yang dibahas pada teks agar si pembaca melakukan apa yang diperintahkan pada isi teks tersebut.

Tujuan Teks Prosedur untuk memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.

Berikut dibawah ini adalah contoh Soal UH Teks Prosedur Kelas 7 SMP

Contoh soal ini berjumlah 25 soal Pilihan Ganda yang telah kami lengkapi dengan kunci jawabannya dan dapat anda unduh untuk bahan pembelajaran dirumah.

 1. Yang bukan tujuan teks prosedur?

A. membuat sesuatu 
B. melakukan sesuatu
C. menggunakan sesuatu
D. melaksanakan sesuatu

2. Sebutkan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks prosedur?

A. kalimat perintah
B. kalimat tanya
C. kalimat seru
D. kalimat langsung

3. Yang bukan struktur teks prosedur!

A. Tujuan
B. bahan dan alat
C. urutan
D. langkah-langkah

4. Bagian yang menyebutkan apa yang dibuat atau dilakukan dan penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau kegiatan yang akan dibuat panduannya, dengan menggunakan pilihan kata yang mampu menarik perhatian dan hindari ungkapan adalah ?

A. langkah-langkah
B. Pendahuluan
C. penutup
D. bahan

5. Langkah dalam teks prosedur bisa disajikan dalam dua bentuk, sebutkan!

A. dalam bentuk uraian paragraf dan penomeran
B. dalam bentuk urutan dan paragraf
C. dalam bentuk paragraf dan langkah
D. dalam bentuk langkah dan urutan

6. Penggunaan kata penghubung pada langkah menyatakan urutan, misalnya ….

A. kemudian
B. sebelum
C. Pertama
D. terakhir

7. kalimat perintah dengan menggunakan akhiran –i dan akhiran – kan adalah...

A. Taburi , taburkan
B. sayuri , sayurkan
C. pukuli, pukulkan
D. bersihi, bersihkanf

8. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
1. masukan buah mangga kedalam blender
2. nyalakan blender dan tunggu hingaa seluruhnya tercampur
3. setelah selesai mtikan blender dan tuang jus kedalam gelas
4. Siapkan blender
5. Jus mangga siap dihidangkan
6. masukan air dan es batu juga gula secukupya

A. 1,2,5,3,4,6
B. 4,6,2,1,3,5
C. 4,1,6,2,3,5
D. 4,2,3,1,6,5

9. Pernyataan di bawah ini yang merupakan keterangan cara...

A. Cucilah sayur dengan bersih.
B. Kupas dengan pisau tajam
C. Masukkan garam dengan gula.
D. Nyalakan kompor dengan korek api.

10. Bacalah teks prosedur berikut!
Daun cincau disiapkan di ember, lalu siram dengan air mendidih. Selama penyiraman dengan air mendidih daun diaduk-aduk dengan alat agar terjadi proses pelayuan yang merata. Air mendidih ini akan membuat daun yang semula keras dan kaku menjadi lemas dan tidak mengkilat. Air panas juga membantu proses penguapan, sehingga mengurangi aroma daun cincau.

Kutipan tersebut adalah bagian isi yang menjelaskan tentang ….

A. pemilihan bahan pembuatan cincau
B. bahan-bahan pembuatan cincau
C. salah satu langkah pembuatan cincau
D. perlengkapan untuk pembuatan cincau

11. Baca cermat langkah-langkah pembuatan keripik pisang berikut!
(1) Perendaman.
(2) Pemilihan bahan.
(3) Pengupasan.
(4) Penggorengan.
(5) Perajangan/ Pemotongan.

Urutan langkah yang tepat adalah ….

A. (1), (2), (3), (5), (4)
B. (2), (1), (3), (4), (5)
C. (5), (1), (2), (3), (4)
D. (2), (3), (5), (1), (4)

12. Berikut adalah ciri-ciri teks prosedur, kecuali ...

A. Terdapat kalimat perintah
B. Terdapat kata kerja pasif
C. Terdapat kata konjungsi untuk penghubung langkah langkah
D. Terdapat sindiran

13. Bahan; Rimpang kencur sebesar ibu jari, garam secukupnya Cara membuat; Kencur diparut. Tambahkan secangkir air hangat. Lalu peras dan disaring. Cara menggunakan; Kencur yang telah disaring biar mengendap, beri garam secukupnya kemudian diminum.

Kata yang menunjukkan urutan kegiatan adalah....

A. Tambahkan
B. Kemudian
C. secangkir air
D. biar mengendap

14. Air kelapa muda enak diminum dalam keadaan segar. Selain itu, memiliki berbagai khasiat untuk pengobatan dan kecantikan. Mengatasi dehidrasi, pencegah penggumpalan susu, memperlancar pengeluaran air seni, menyembuhkan sembelit dan sakit pencernakan. Dalam bidang kecantikan untuk menghilangkan jerawat, menyembuhkan gatal-gatal , dan melenyapkan jerawat.

Hal utama yang dibahas dalam kutipan tersebut adalah....

A. Fungsi kecantikan air kelapa muda
B. Berbagai manfaat air kelapa muda
C. Fungsi ekonomis air kelapa muda
D. Fungsi kesehatan air kelapa muda

15. Petikan kalimat berikut yang bukan merupakan contoh ciri bahasa dari teks prosedur adalah....

A. Ambil 5 potong akar kelapa hijau masing-masing 4 cm
B. Tambahkan 600 cc air.
C. Sebaiknya rebus selama 5 menit.
D. Mengapa harus dimasak terlebih dahulu?

16. Berikut ini yang merupakan contoh teks prosedur melakukan sesuatu adalah ....

A. menari Tari Poco-poco
B. Membuat es kolang kaling
C. Membuat tempe goreng
D. memasak sambal oncom

17. (1) Tepung beras
      (2) Santan
      (3) Gula
      (4) Cetakan

Dari yang disebutkan di atas, yang termasuk jenis "bahan" adalah ....

A. (1), (2), (3)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (4) saja

18. Ambillah beberapa butir mote, [...] masukkan senar elastis pada lubang mote tersebut.
konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks prosedur tersebut adalah ....

A. sebelum
B. kemudian
C. setelah
D. dan

19. Jika air sudah mendidih, masukkan telur satu per satu ke dalam panci.
Arti kalimat tersebut adalah ....

A. telur boleh dimasukkan ke dalam panci meskipun belum mendidih
B. telur baru boleh dimasukkan ke dalam panci setelah air mendidih
C. telur tidak boleh dimasukkan ke dalam panci dalam keadaan air mendidih
D. telur tidak boleh dimasukkan ke dalam panci setelah air mendidih

20. Teks prosedur kompleks adalah ....

A. teks prosedur yang mengandung struktur tujuan dan langkah-langkah
B. teks prosedur yang mengandung struktur alat dan bahan serta langkah-langkah
C. teks prosedur yang mengandung langkah-langkah yang panjang dan rumit
D. teks prosedur yang mengandung langkah-langkah yang tidak rumit

21. Berikut ini yang merupakan contoh teks prosedur membuat sesuatu adalah ....

A. memasak sambal oncom
B. memainkan seruling
C. membersihkan alat musik dari kuningan
D. menari Tari Poco-poco

22. Yang merupakan struktur dari teks prosedur kompleks adalah ...

A. Tujuan langkah-langkah untuk mencapai tujuan
B. Abstraksi -orientasi - krisis - reaksi - koda
C. Tesis - argumentasi- penegasan ulang pendapat
D. Pembukaan- isi - penutup

23. Pernyataan di bawah ini yang merupakan saran adalah ...

A. Rebus air sampai mendidih,
B. Masukkan mie
C. Tambahkan dengan bumbu
D. Akan lebih nikmat bila disajikan dalam keadaan hangat

24. Yang bukan merupakan ciri teks prosedur dari segi isinya adalah...

A. panduan langkah-langkah
B. memuat tempat di mana melakukannya
C. aturan atau batasan dalam hal bahan
D. kegiatan yang sifatnya prosedural

25. Rebuslah air bersih secukupnya sampai mendidih! Setelah itu, celupkan daun jeruk purut beberapa saat agar daun itu menjadi lunak! Lalu, angkatlah daun jeruk purut itu dan tiriskan! Tumbuk selembar daun pandan dan diberi air matang! Setelah itu, peraslah untuk diambil airnya!
Kata-kata yang bermakna perintah adalah ,…

A. rebuslah, celupkan, tumbuk, peraslah
B. secukupnya, beberapa, menjadi, mendidih
C. selembar, pandan, peraslah, beberapa
D. rebuslah, beberapa, menjadi, diberi

Demikian pembahasan singkat dan contoh Soal UH Teks Prosedur Kelas 7 SMP yang telah kami sampaikan, anda dapat unduh contoh soal ini dalam format pdf melalui tautan berikut ini.

Posting Komentar untuk "Soal UH Teks Prosedur Kelas 7 SMP"